Monday, April 18, 2016

12 Makanan Kesukaan Rasulullah Saw


Rasulullah adalah seorang panutan bagi semua umat muslim di dunia, bahkan dia diutus oleh Allah SWT untuk seluruh umat manusia yang ada didunia untuk menyempurnakan akhlak. Maka sangat disayangkan doooonk kalau kita gak meniru Beliau. Semua perilaku Beliau sudah banyak loh dibuktikan oleh pakar kesehatan maupun psikolog dunia kalau semua perilaku sangat berdampak baik bagi kesehatan maupun kejiwaan seseorang.


oke deh langsung aja ke pokok pembahasan, seperti yang udah dijelaskan sebelumnya bahwa perilaku Rasulullah harus kita contoh, kan udah dibuktiin semuanya. salahsatunya kegemaran Rasulullah dalam hal asupan makanan, nah ini dia makanan kesukaan Rasulullah yang harus kita contoh :

1.  Daging Burung 
Safinah RA meriwayatkan : Aku pernah memakan daging burung hubara bersama Rasulullah SAW. (HR. Abu Daud dan al Tirmidzi)
2.  Daging Kelinci

Dari Anas ibn Malik RA, berkata : Ketika kami berada Marr al Zhahran, kami mengejar seekor kelinci sampai berhasil menangkapnya, saya membawa kepada Abu Thalhah yang memotong dan menghadiahkan kedua pahanya kepada Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW menerimanya. (HR. al-Bukhari dan Muslim)
3.  Daging Domba

Jabir ibn Abdillah RA meriwayatkan : Suatu hari, Rasulullah SAW keluar rumah, saya ikut menemani Beliau. Rasulullah SAW mendatangi seorang perempuan dari golongan Anshar. Perempuan itu menyembelih domba dan Rasulullah memakannya, kemudian perempuan itu menyuguhkan sepiring kurma matang, Rasulullah pun memakannya. Setelah itu, Rasulullah SAW berwudhu untuk melaksanakan shalat Dzuhur, lalu pergi. Perempuan yang sama tadi mendatangi Rasulullah dengan membawa sisa olahan daging domba dan Beliaupun memakannya. Kemudian shalat Ashar tanpa berwudhu terlebih dahulu. (HR. al-Tirmidzi)
4.  Daging Bagian Paha

Abu Hurairah RA meriwayatkan : Rasulullah SAW pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu) diberikan kepada Beliau. Rasulullah SAW menyukainya, maka Beliau menggigit daging itu (HR, al-Bukhari dan Muslim)
5.  Daging Bakar

Rasulullah SAW diriwayatkan oleh beberapa sahabat bahwa Beliau senang makan daging bakar. bahkan beberapa riwayat menjelaskan bahwa Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya makan daing bakar di Masjid. Abu Rafi' berkata : Saya bersaksi bahwa saya biasanya menyiapkan daging bakar/daging panggang buat Rasulullah SAW dan Beliau shalat sesudah memakannya tanpa berwudhu lagi. ( HR al-Tirmidzi dan Ahmad)
6.  Tsulf ( Campuran Tepung dan Kurma )

Tsufl adalah makanan yang terbuat dari tepung dan kurma. Anas ibn Malik RA meriwayatkan : Rasulullah SAW sangat menyukai Tsufl (HR. al-Tirmidzi dan Ahmad)
7.  Tsarid ( Bubur Daging)
Ibnu Abbas r.a. berkata : Makanan yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah bubur. (HR. Al Hakim)

Tsarid (bubur daging) memiliki keutamaan dibandingkan makanan yang lain, di antara banyaknya hadist shahih menyebutkan keutamaan tersebut. Sebagaimana disebutkan di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Nabi saw bahwa beliau bersabda, "Keutamaan 'Aisyah dibandingkan semua wanita, bagaikan keutamaan tsarid (bubur daging) atas semua makanan". (HR Muslim )

Diriwayatkan dari Salman Al-Farisi r.a. secara marfu' bahwa Nabi saw bersabda, "Keberkahan itu terdapat di dalam tiga perkara: berjamaah, tsarid (bubur daging) dan makan sahur". (Lihat Silsilah Al Hadist As Shahiih, hadist no 1045)
8.  Kurma

Rasulullah bersabda: "Sebaik-baik kurma adalah al-barniy. ia boleh menghilangkan penyakit dan tidak mengandung penyakit.(HR. Ibnu Adhi, Baihaqi Ad-Dhiya)

Rasulullah saw juga bersabda, "Rumah yang tidak ada kurma di dalamnya, maka kelaparanlah bagi penghuninya atau laparlah penghuninya". (HR Muslim
dan Tirmidzi).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah saw bersabda, "Sebaik-baik makanan sahur bagi orang mukmin adalah kurma". (HR Ibnu Hibban dan Baihaqi).

Sementara itu, keberkahan kurma 'Ajwah Madinah yaitu dapat menyembuhkan sakit dan penawar racun. Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda. “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR. Bukhari dan Muslim)
9.  Buah Labu
Anas ibn Malik RA meriwayatkan : Seorang tukang jahit mengundang Rasulullah SAW untuk makan makanan yang dibuatnya, lalu aku pergi bersama Rasulullah SAW (sewaktu makan) aku melihat Rasulullah SAW mencari-cari labu di sela-sela potongan roti (HR. al-Bukhari dan Muslim)
10.  Buah  Zaitun

Dari Abi Usaid Al-Anshari bahwa ia berkata, Rasulullah saw bersabda, "Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).
11.  Semangka

Abdullah ibn Jafar ibn Abi Tholib, berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan Rutob dan mentimun (HR. al Bukhari) Aisyah menceritakan bahwa : Rasulullah SAW suka makan Semangka dan Rutob.(HR. Abu Dawud dan al-Tirmidzi)
12.  Daging Ayam

Dari Abu Musa al-Asy^ari RA berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan ayam (HR. al-Bukhari)

Nah enak enak kan makanan Rasulullah, selain enak makanan makanan Rasulullah juga berkhasiat buat kesehaatan looh, mulai sekarang ayo kita komsumsi yang halal dan baik, salah satunya seperti penjelasan diatas

makasih y bro and sist udah jadi pengunjung di web kami......



















    0 komentar:

    Post a Comment